Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam- info sehat Mysmartdetox

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam- info sehat Mysmartdetox

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam perlu dimegerti dan dipahami. Hal ini mengingat banyaknya angka kejadian di masyarakat. Penyakit jantung merupakan penyakit yang sering terjadi dan banyak yang tidak tertangani  dengan cepat dan tepat, sehingga Penyakit Jantung menjadi penyakit no 1 sebagai penyebab kematian di Indonesia. Sebelum memahami Penyakit jantung ada perlu kita memahami Jantung manusia tersebut.

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam, selanjutnya penting mengetahui JantungJantung manusia merupakan organ penting yang terdiri dari kumpulan otot  yang berfungsi memompakan darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki 4 ruang yaitu 2 ruang pada bagian atas (atrium kiri dan atrium kanan), serta 2 ruang pada bagian bawah (ventrikal kiri dan ventikel kanan) atau dikenal juga bilik kiri dan bilik kanan. Antar ruang kiri dan kanan dipisahkan oleh dinding otot yang mencegah bercampurnya darah yang kaya oksigen dan darah yang miskin oksigen.

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam
Struktur Jantung

Secara singkat kerja Jantung, jantung berdenyut yang kemudian semua ruang dalam jantung mengendur dan jantung terisi darah. Ini dikenal fase diastol. Setelah fase diastol, jantung akan kembali berdenyut dan kemudian memompa darah ke luar dari jantung. Proses ini dikenal dengan sistol. Setelah proses diastol dan sistol ini kedua serambi akan mengendur dan berkontraksi bersamaan, demikian keda bilik juga akan berkontraksi bersamaan.

Darah kotor atau darah yang memiliki banyak sekali kandungan karbon dioksida-nya dan tentu yang sudah miskin oksigennya yang berasal dari seluruh tubuh, masuk ke dalam jantung melalui Ventrikel kanan. melalui katup trikuspidalis. Setelah atrium kanan terisi oleh darah yang masuk melalui vena cava tersebut, akan didorong masuk ke dalam Ventrikel Kanan. Darah dari Ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru.

Darah akan mengalir ke pembuluh darah yang sangat kecil atau yang disebut pembuluh darah kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru. Disana proses penyerapan oksigen terjadi dan juga pelepasan karbon dioksida pun terjadi. Setelah itu darah akan kembali ke jantung. Darah yang sudah kaya mengandung Oksigen tersebut akan dialirkan menuju ke dalam vena pulmonalis untuk kemudian dialirkan lagi ke atrium kiri.

Dan darah yang sudah berada di Atrium kiri ini akan dialirkan menuju ventrikel kiri, melalui katup Bikuspalis. Dan kemudian akan memompa darah bersih ini melalui katup aorta masuk ke dalam aorta (pembuluh darah terbesar dalam tubuh kita). Pada proses akhir darah yang kaya oksigen ini akan dialirkan ke seluruh tubuh kecuali paru-paru.

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam yang berikutnya, harus dipahami adalah Jenis Penyakit Jantung.

Penyakit jantung terdiri dari beragam gangguan pada jantung, yaitu antara lain:

  • Penyakit arteri koroner (penyakit jantung koroner) – penyempitan pembuluh darah jantung.
  • Aritmia – gangguan pada irama jantung.
  • Penyakit jantung bawaan – kelainan jantung sejak lahir.
  • Kardiomiopati – gangguan pada otot jantung.
  • Infeksi jantung – infeksi pada jantung akibat bakteri, virus, atau parasit.
  • Penyakit katup jantung – gangguan pada salah satu atau keempat katup jantung.
  • Jantung bengkak atau kardiomegali merupakan kondisi pembesaran jantung akibat penyakit tertentu.

Sakit dada sebelah kiri sering dikaitkan orang dengan gangguan jantung. Ada beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit dada sebelah kiri. Mulai dari gangguan pencernaan, gangguan Paru-paru, hingga serangan jantung. Oleh karenanya penting untuk mengetahui apakah ini gejala gangguan jantung, dan gejala-gejala yang menyertainya agar dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam yang berikutnya, harus dipahami adalah Apa saja Penyebab dan gejala-gejalanya. Berikut beberapa gangguan yang dapat menyebabkan sakit pada dada sebelah kiri.

Serangan Jantung.

Serangan jantung terjadi tiba-tiba pada saat aliran darah ke Jantung terhambat tiba-tiba. Jika terkena serangan jantung maka, dada kiri serasa di tekan, serasa diremas, dan muncul rasa berat di dalam rongga dada. Serta tidak jarang disertai rasa nyeri pada ulu hati. Serta juga biasanya disertai rasa sakit seperti ditusuk-tusuk atau mati rasa di lengan kiri, yang bisa rasanya merambat ke lengan kanan. Lengan dapat terasa lebih lemah atau lebih berat dari biasanya. Pada saat serangan jantung, biasanya dapat terjadi gejala sesak napas, rasa lelah yang luar biasa, keringat dingin, dan sakit kepala. Dan gejala yang muncul ini bisa berbeda pada tiap orang.

Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam
Serangan jantung

Angina atau angin duduk.

Angina adalah kondisi yang disebabkan oleh karena makin menyempitnya arteri ke jantung, akibatnya aliran darah tidak dapat mengalir normal. gejala yang dirasakan adalah dada terasa sesak, atau sakit yang terasa tajam, seperti rasa keram otot di dada sebelah kiri, sesak napas, dan bisa merasa sangat lelah. Rasa ini biasa terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja menjadi lebih keras.

Gangguan saluran cerna.

Ketika banyaknya gas yang terbentuk di usus, dan tubuh belum mengeluarkannya, gas akan menumpuk, dan akan mendorong usus, sehingga dapat menimbulkan dada terasa sakit. Gejalan ini biasanya disertai oleh gejala perut terasa kembung, dan suka bersendawa. Dan juga ada gangguan pencernaan lain GERD (Gastro esophageal refluk desease), dimana terjadinya aliran balik isi lambung ke kerongkongan. Asam lambung yang terbentuk dapat melukai kerongkongan, dan menimbulkan rasa nyeri di ulu hati.

Berikutnya Sakit dada bisa karena gangguan pada paru-paru.

Infeksi ada paru-paru dapat menyebabkan terjadinya peradang pada paru-paru (pneumonia) dan selaput dikeitar paru (pleuritis). Gejala yang dirasakan sakit pada dada sebelah kiri adalah rasa sakit yang makin terasa saat bernafas, dan diiringi dengan batuk, atau napas yang terengah-engah.

Stres.

Stres juga dapat menimbulkan rasa sakit di dada sebelah kiri. Stres yang tidak terkendali dapat merasakan sesak di dada. Kondisi ini biasanya diperparah oleh kebiasaan merokok, serta konsumsi minuman yang mengandung alkohol berlebih. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan tepat, dapat mengarah ke sakit jantung.

Cedera.

Cedera dapat menimbulkan rasa sakit pada dada sebelah kiri. Misal cedera pada dada, seperti otot meregang atau saraf yang tertekan, juga dapat menimbulkan mati rasa pada lengan yang salah diartikan bahwa serangan jantung.

Oleh karenanya Apa saja Jenis Penyakit jantung, Gejala, penyebabnya bagi awam perlu ditangani dengan tepat. Oleh karenanya jika mengalami sakit dada sebelah kiri, mengingat penanganan sakit dada sebelah kiri berbeda-beda penanganannya, maka terpenting adalah kenali penyebabnya. Kenali gejala-gejala yang memerlukan tindakan segera, misal adanya nyeri khas yang disebabkan oleh serangan jantung.

Saat Anda merasakan sakit dada, maka yang dilakukan adalah cobalah berbaring dan ambil napas pendek beberapa kali. Kendurkan pakaian Anda, Anda juga bisa minum air putih yang dapat membantu menenangkan diri. Selain itu, obat pereda nyeri kemungkinan dapat membantu meringankan rasa sakit. Namun, segera minta pertolongan medis jika sakit dada yang dialami:

  • Terasa berat, seperti tertekan dan diremas.
  • Menyebar dari dada ke lengan, punggung, dan rahang.
  • Berlangsung lebih dari 15 menit
  • Diiringi mual, muntah darah, sesak napas dan tubuh berkeringat.
  • Memiliki risiko mengalami penyakit jantung koroner. Risiko ini bisa timbul jika Anda merokok, mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau diabetes.
  • Jangan remehkan sakit dada sebelah kiri yang dirasakan. Segera minta pertolongan dokter atau ahli medis untuk mengenali gejala yang Anda rasakan agar memperoleh pertolongan yang sesuai. Jika kejadian ini sudah berulang dan memang ada gejala serangan jantung, tentu anda sudah memiliki obat Isosorbit yang ditaruh dibawah lidah, dan posisikan badan anda dalam posisi duduk. Segera berikan oksigen. Dan segera mencari pertolongan rumah sakit terdekat.

baca juga : Angin duduk, angina pektoris, PJK penyebab dan gejalanya :infosehat mysmartdetox

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!