Memahami Thawaf Umroh dan Sai

Memahami Thawaf Umroh dan Sai

Memahami Thawaf Umroh dan Sai

Dalam memahami thawaf Umroh dan Sai , kita batasi berkaitan dengan Thawaf dalam Umroh saja, karena Thawaf saat Haji lebih luas. untuk memahami Thawaf, kita perlu mengetahui apa yang dimaksudkan dengan Thawaf. Thawaf yaitu rangkaian ibadah Umroh, dengan mengelilingi Ka’bah 7 kali dalam keadaan suci. Dan dalam thawaf, kita berpakaian ihram dengan pundak kanan pria terbuka, dimana ujung kain ihram atasnya dipindahkan ke bawah ketiak kanan, dan diselipkan ujungnya untuk penguatan ke lipatan ihram di belakang telinga kiri, atau belakang kepala.Memahami Thawaf Umroh dan Sai

Pada saat memasuki mesjidil Haram, saat akan Thawaf Umroh dengan mendahulukan kaki kanan sambal membaca doa masuk masjid :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf-tahlil abwaaba rohmatik ( Ya Allah bukakanlah bagiiku pintu-pintu rahmatMu)

Memahami Thawaf Umroh dimulai dari Hajar aswad, dan berakhir di Hajar aswad. Saat  menuju hajar aswad, menghadap ke hajar aswad, sambal membaca “Allahu Akbar atau Bismillah Allahu Akbar” lalu mengusapnya dengan tangan kanan dan menciumnya, namun bila keadaanya ramai, dan dari kejauhan kita menghadap sambal membaca bacaan “Allahu Akbar atau Bismillah Allahu Akbar” dan tidak mengusapnya tapi dari kejauhan memberi isyarat dengan melambaikan tangan kea rah hajar aswad, tanpa mencium tangan, dan dilakukan 7 kali setiap putaran saat melewati Hajar Aswad.

Memahami Thawaf Umroh dan Sai

Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat Thawaf mengingat padatnya dan ramainya yang melaksanakannya, dan tak henti dalam 24 Jam adalah untuk selalu menjaga Hati, dan tetap senyum bila bersenggolan dengan jamaah lainnya ,meski mereka menabrak kita, atau mendorong dan mendesak kita jika ada, usahakan tidak melawan arus, dan tidak berhenti dalam arus perputaran thawaf, dan jamaah yang lanjut usia agar tidak memaksakan diri untuk ikut thawaf di depan kakbah, namun dapat mengikuti di lt 2 dan lt 3, yang memang dikhususkan bagi jamaah yang lanjut uisa atau yag kurang sehat, dan tetap melanjutkan thaf hingga selesai, meski terpisah dari rombongan, dan melakukan sholat sunat 2 rakaat dibelakang Makam Ibrahim, dan jika tertinggal dari rombongan, dapat menunggu rombongan untuk selanjutnya melakukan Sai bersama-sama, atau dapat meneruskan melakukan Sai, hingga selesai, di Bukit Marwa dan diselesaikan dengan melakukan Tahalul di Bukit Marwa, untuk selanjutnya kembali ke Hotel bersama rombongan. Dan biasanya karena ramainya, jamaah, sering terjadi ketinggalan rombongan, dan bila tidak paham, sering tersesat jalan.

Memahami Sai adalah rangkaian ibadah berjalan mengelilingi dari bukit Safa ke Bukit Marwah,7 kali. Dengan cara menghitungnya adalah dari bukit Safa ke Bukit Marwah, terhitung 1 kali, dan dari Bukit Marwah ke Bukit safa dihitung satu kali, (Pulang pergi dihitung sudah melakukan2 kali Sai)  sehingga hitungan putaran ke 7 berakhir di Bukit Marwah. Dengan demikian Sai dimulai di Bukit Safa dan berakhir di Bukit Marwa. Saat ini Bukit safa maupun Bukit Marwa, tidak lagi kelihatan seperti bukit, karena saat ini Bukit Safa dan Bukit Marwa sudah menjadi bagian dari  komplek Mesjidil haram.

Memahami Thawaf Umroh dan Sai, adalah sangat penting bagi calon jamaah yang akan melakukan Ibadah Umroh dan Ibadah Haji, agar para calon Jamaah dapat memahami dengan baik, apa yang akan dilakukan saat melaksanakan Ibadah Haji maupun Ibadah Umroh. Dengan memahami Thawaf Umroh dan Sai ini, maka para calon Jamaah dapat menyelesaikan semua Rukun Umroh danHaji dengan baik, sehingga dapat memudahkan menjadi calon Haji atau calon jamaah Haji dan umroh yang Mabrur… Aamiiin.

baca juga : Perjalanan Umroh 22 Januari 2018

Memahami Ihrom dan Pengetahuan tentang Miqot

 

 

 

Untuk Informasi tentang Komunitas Belajar Bisnis Online bisa hubungi 081316625810 (Medy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!