Mengenali dan Memahami Diabetes Melitus: info sehat Mysmartdetox

Mengenali dan Memahami Diabetes Melitus: info sehat Mysmartdetox

Mengenali dan memahami Diabetes Melitus, penting karena angka prevalensinya yang meningkat tiap tahun.  Diabetes berarti glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi, atau nama penyakit dimana tubuh mengalami gangguan dalam mengatur glukosa darah atau gula darah. Diabetes merupakan sebuah penyakit yang diderita banyak orang akibat kelainan pada tubuh sehingga kadar gula darah pada tubuh berlebihan.

Dengan Mengenali dan memahami Diabetes Melitus, kita harus dapat mengontrol kadar Glukosa dalam darah. Glukosa darah adalah gula yang ditemukan dalam darah dan merupakan sumber energi utama. Sedangkan glukosa berasal dari makanan yang juga dibuat oleh hati dan otot lalu darah membawa glukosa ke seluruh sel tubuh untuk memberi energi. Diabetes dapat juga dikatakan sebagai penyakit yang disebabkan kelainan metabolisme tubuh dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidat, lemak dan protein dari makanan. Hal ini  bisa karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah dikatakan tinggi jika, kadar Gula darah saat puasa lebih dari 126 mg/dl dan pada saat tidak puasa kadar gula darahnya tidak lebih dari 200 mg/dl. Atau kadar gula darah setelah 2 jam makan atau meminum makan yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya, berkisar 120 – 140 mg/dl.

Diabetes merupakan kondisi serius dimana seseorang sangat memerlukan makanan yang sehat, menjaga berat badan sehat dan aktif berolahraga. Dengan menjaga kondisi kesehatan dan level glukosa darah akan sangat membantu dan mungkin terhindar dari penyakit serius tau penyakit komplikasi yang disebabkan oleh diabetes itu sendiri, seperti : penyakit jantung dan stroke, gangguan penglihatan, kerusakan sistem syaraf micro pada kaki dan lengan, gangguan ginjal dan hilang gigi.

Mengenali dan memahami Diabetes Melitus, dapat dengan mengenali Faktor penyebab Penyakit Diabetes pada umumnya :

  1. Faktor Genetik. Penyebab Diabetes yang dapat terjadi karena oleh adanya faktor Genetik. DImana penderita diabetes biasanya memiliki keluarga yang juga mengalami penyakit Diabetes.
  2. Faktor berat badan (Obesitas). Berat badan sangat mempengaruhi kesehatan, karena berat badan yang melebihi ideal akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Sehingga perlu menjaga berat badan.
  3. Faktor Makanan. Makanan yang dimakan juga mempengaruhi apa yang menjad penyebab diabetes. Seperti makanan yang mengandung kalori yang sangat tinggi. makanan yang memiliki kadar gula yang banyak. Makanan dengan kadar Lemak tinggi. Jadi harus menjaga makanan yang baik, agar tidak megalami naiknya kadar gula darah dalam tubuh.
  4. Faktor Merokok. Seperti kita tahu bahwa Rokok adalah sumber penyakit. Rokok juga dapat menjadi penyebab diabetes, karena racun yang dihasilkan saat menghisap asap rokok, dan reaksi yang dihasilkan setelah masuk ke dalam tubuh.

Ada beberapa Tipe Diabetes Melitus :

1. Diabetes type 1. Pada kondisi ini, terjadi penyakit auto imun. Yaitu Pankreas berhenti memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan orang mendapatkan energi dari makanan. Sistim imun menyerang dan menghancurkan sel yang memproduksi insulin. Diabetes tupe 1 biasanya menyerang anak-anak, remaja , dewasa dan berlansung seumur hidup. Untuk bertahan hidup, seseorang yang menderita diabetes tipe 1 harus dibrikan suntikan insulin harian.
2. Diabetes tipe 2. Inimerupakan penyakit gangguan metabolik dimana tubuh seseorang masih memproduksi insulin tapi tidak efektif atau mencukupi. Diabetes tipe 2 biasanya didiagnosis pada orang dewasa dan tidak selalu memerlukan suntikan insulin. Namun, meningkatnya kasus obesitas berakibat pada kenaikan kasus diabetes tipe 2 pada anak-anak dan remaja. Diabetes Type 2 biasanya terjadi karena pola konsumsi makanan yang tidak seimbang atau tidak sehat.
3. Diabetes Gestasional. Ini merupakan Diabetes yang berkembang hanya selama kehamilan. Diabetes gestasional biasanya didiagnosa diakhir kehamilan. Bila anda didiagnosa dengan diabetes sebelum kehamilan, anda berarti terkena diabetes. Pengobatan diabetes gestasional dapat membantu anda dan bayi tetap sehat. Anda dapat melindungi bayi dan anda sendiri, dengan mengontrol level glukosa darah.

Angka kejadian penderita Diabetes Melitus sangat tinggi dan terus meningkat tiap tahunnya. Oleh karenanya sangat disarankan untuk selalu memperhatikan asupan gizi mulai dari masa kecil, agar tidak berlebihan dan kekurangan. Apalagi ada faktor resiko turunan.

Apa-apa saja Gejala Diabetes Melitus tersebut ? berikut Gejala-gejala Diabetes :
– Sering Haus
– Sering buang air kecil.
– Sering merasa lapar
– Sering merasa lelah.
– Kehilangan berat badan tanpa melakukan diet.
– Penyembuhan luka yang lama, bila luka, sering sukar atau lama sembuhnya.
– Kulit dan mulut kering.
– Merasa ada jarum dikaki.

6 Jenis Obesitas (Memahmai dan mengenali Diabetes Melitus)
6 Jenis Obesitas (Memahmai dan mengenali Diabetes Melitus)

Bila Diabetes tipe 1 adanya kelainan auto imun, maka Diabetes tipe 2 faktor resikonya sebagai berikut :
– Berusia 45 tahun atau lebih.
– Kelebihan berat badan atau Obesitas.
– Memiliki orang tua, saudara yang didiagnosa diabetes.
– Mengalami diabetes gestasional.
– Melahirkan bayi dengan bobot lebih dari 4 kg.
– Tekanan darah 140/90 atau lebih.
– Level kolesterol lebih tinggi dari normal.
– Kurang aktivitas Olah raga, dibawah 3 x dalam seminggu.
– Memiliki kondisi klinis lain yang dihubungkan dengan resisten terhadap insulin.
– Pernah mengalami penyakit kardiovaskuler.
– Mengalami “prediabetes”

Diabetes tidak hanya terjadi selalu ketika gula darah berlebihan, namun bisa juga terjadi karena faktor keturunan. Oleh karena itu, biasakan melakukan cek kadar gula darah.

Pertanyaan kita adalah, Apakah Diabetes dapat dicegah ?
Diabetes adalah penyakit yang dapat dicegah sejak dini. Bagaimana mencegahnya :
– Biasakan olah raga setidaknya 30 menit dalam sehari.
– Menjaga berat badan
– Jauhi stres.
– Menjaga tidur teratur.
– Menjaga asupan Gizi.
Dan yang lebih peting adalah lebih mengontrol pola makan dan gaya hidup sehat.

Bagaimana menjaga dan mempunyai pola hidup Sehat itu ?. Gaya Hidup sehat itu antara lain :
1. Kenali faktor resiko diabetes
2. Hindari Konsumsi Alkohol, dan tidak merokok.
3. Aktifitas fisik teratur 30 menit sehari.
4. Menjaga Berat badan.
5. Konsumsi lebih banyak Buah dan Sayur.
6. Lakukan Cek kesehatan secara teratur atau berkala.

Jika sudah mengidap Diabetes Melitus, bagaimana caranya bertahan ? Untuk Melawan Diabetes itu dengan melakukan cara yang berbeda-beda sesuai dengan jenis Tipe Diabetes yang dialami. Jika Diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh penderita merusak bagian penghasil insulin dalam pankreas. Oleh karena itu penderita harus mendapatkan injeksi insulin secara rutin dan melakukan diet sehat.
Sementara untuk Penderita Diabetes tipe 2, dimana terjadi karena pankreas tidak memproduksi insulin yang mencukupi. Dan untuk memperbaiki agar produksi insulinnya membaik, maka dapat dengan melakukan Diet, olah raga , dan minum obat. Sehingga pengobatan rutin adalah pilihan perbaikan untuk menjaga penderita tetap sehat dan untuk menghindari komplikasi.

baca juga : Apa saja jenis Penyakit Jantung

Untuk Informasi tentang Komunitas Belajar Bisnis Online bisa hubungi 081519442433 (Medy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!