Pengertian Mudah Website Bagi Awam

Pengertian Mudah Website Bagi Awam

Pengertian Mudah Website Bagi Awam

Pengertian Mudah Website bagi awam bertujuan agar dapat memahmi Website dengan mudah dicerna dan dipahami. Web bila diibaratkan dalam istilah bisnis konvensional adalah Ruko/Toko/Gedung, bila kita akan membuka usaha untuk Jualan.  Namun setelah memahaminya, sangatlah sederhana, dan hanya membutuhkan 7 menit untuk membuat Web tersebut bagi yang ingin memulai usaha di Bisnis Online. Jadi dalam dunia Online bila kita ingin Jualan dengan online , maka harus mempunyai tokonya (Web). Untuk mempunyai Toko tersebut, kita bisa sewa, maka dalam Online dikenal istilah Sewa Hosting. Sama halnya dengan sewa Toko/Ruko.

Pengertian Mudah Website dapat dilihat melalui pendekatan membandingkan dengan bisnis konvensional. Perbedaan dengan bisnis Konvensional, bila sewa Ruko tergantung tempatnya, bisa 100 atau 150 juta setahun, nah dalam dunia online sewa hosting sangat murah sekali, dengan 120.000 sudah bisa jualan di Online, sehingga Jualan di Online itu simple, mudah, dan sangat ekonomis, bisa dilakukan oleh siapa saja, dan omsetnya sangat besar bisa jauh diatas transaksi konvensional.. Sewa Hosting bisa dilakukan bulanan, triwulan, atau tahunan.  Berikut Gambaran perbedaanya.

 

Dalam membeli Web Hosting, ada 2 hal penting yang harus kita pahami :

  1. Berapa Kapasitasnya
  2. Berapa Bandwidth-nya
Pengertian Mudah Website Bagi Awam
Pengertian Mudah Website Bagi Awam

Kita bisa memilih Kapasitasnya  > 5 GB, namun untuk memulai bisa cukup > 2 GB, karena kapasitas bisa di tambah bila sudah berjalan, dan kapasitasnya kurang mencukupi. Dan Bandwidth pilih yang unlimited.

Untuk ukuran Kapasitas maksudnya adalah Muatan yang dipunyai oleh Web kita, misal Kapasitasnya 2000 MB (2GB), maka total kapasitas memory Web kita untuk memasukkan Pluggin, Foto, Gambar, dan Video serta artikel yang akan kita isi nantinya, hanya 2000 MB, dan bila kita tambahin terus maka lama-lama tidak bisa, maka dalam hal ini, kita bisa menambahkan Kapasitasnya, atau di upgrade istilahnya.

Jadi dalam Online, bila kita sewa Hosting (sewa Ruko) yang kapasitasnya kecil, terus kita isi dengan banyak Item, maka juga nanti tidak akan muat, maka kita harus upgrade agar Web kita bisa optimal dibuka oleh siapa saja, dan bisa melakukan proses yang diminta dengan cepat. Jadi kita dapat melakukan cek Kapasitas yang sudah terpakai, dan berapa sisa dari cpanel website kita.

Baca juga : Sekilas Bisnis Online dan Bisnis Konvensional

Kapasitas Server
Contoh Paket Cloud Server

Istilah Bandwidth artinya adalah ukuran besarnya lalu lintas data di web, yang diperbolehkan  setiap bulannya. Misalnya Web kita memilik Bandwidth 1000 MB, maka artinya Web kita boleh diakses oleh pengunjung dalam sebulannya 1000 kali.  Bila ada kita mendengar istilah Webnya down, itu artinya Bandwidth-nya kecil, sementara yang akses banyak, melebih Bandwidth yang dimiliki, sehingga Webnya  down atau suspend. Maka Solusinya adalah dengan menaikkan atau upgrade bandwidth-nya. Kita bisa melakukan cek Kapasitas bandwidth yang sudah diakses, melalui cpanel dari web yang dimiliki, dari fitur menu Bandwithnya.

 

Jadi dengan upgrade Kapasitas dan  Bandwidth maka kita bisa menaruh tampilan Jualan Produk kita lebih banyak dan bisa diakses oleh lebih banyak orang. Pertanyaannya, kalau mau beli Hosting yang bagus, Hosting yang mana ? Jawabannya adalah yang sesuai dengan ukuran kemampuan kita, bila kita ingin serius dan fokus jualan produk tertentu, maka pilihlah Web yang kapasitasnya besar dan Bandwitdh besar.

Bila sudah punya Hosting, maka kita harus punya nama Tokonya, nah dalam Online dinamai dengan Domain. Nama Domain itu tidak bisa sama. Bila beli Domain, maka saat beli, kita diminta apa nama Domain yang kita inginkan, misal : …..com, …..id, dsb, maka oleh perusahaan penjual domain akan mengklarifikasi dan mengkonfirmasikan, bahwa nama domain yang kita minta apakah sudah ada yang punya atau tersedia. Bila belum tersedia, maka kita harus mencari nama lain, sampai kita menemukan nama domain yang belum digunakan oleh orang lain.

Baca Juga : Pemahaman Revolusi Industri 4.0

Ada bermacam-macam hosting :

1. Shared Hosting, maksudnya adalah type web hosting yang memiliki komputer server yang sama untuk beberapa pengguna hosting sekaligus. (dapat dipakai bila pengunjungnya < 10.000 per hari ) Jadi bila diilustrasikan dalam sehari-hari, bahwa Servernya digunakan bersama dengan orang lain, yang sama-sama beli hosting di Toko atau vendor yang sama. Jadi diibaratkan pemakaian secara bersama-sama, bila down satu, maka down semua.

Type ini sangat sesuai untuk para pemula, karena selain murah, juga  yang akses belum banyak, dan masih latihan sambil coba-         coba

2. VPS, Type Web yang menggunakan Virtual Mesin. (BiasanyaVPS digunakan jika Pengunjung > 20.000 per hari ). Sebenarnya Type ini hampir mirip dengan Shared Hosting, namun type VPS, dalam satu server ini biasanya ada 4 – 5 orang yang menggunakan server yang sama, jadi sudah ditentukan, sementara untuk Shared Hosting, ada banyak orang menggunakan 1 server yang sama.

3. Dedicated Server adalah type web hosting yang menggunakan komputer server untuk satu pengguna hosting. Type ini biasanya digunakan oleh Perusahaan-perusahaan besar. Ini diibaratkan bila kita menyewa mobil sendiri, dan yang menggunakan hanya kita sendiri.

4. Cloud Hosting, yaitu web hosting dimana pengguna hanya membayar sesuai dengan sumber daya yang terpakai. Type ini cenderung lebih ekonomis, hanya saja karena menggunakan Cloud secara bersama, ada faktor resiko diakses dan dibobol.

5. Reseller Hosting, adalah type web hosting yang biasa digunakan untuk bisa dijual kembali kepada yang membutuhkan hosting. Biasanya orang yang menggunakan web hosting ini, mereka bagian dari reseller hosting tersebut.

Berikut adalah Istilah-istilah yang sering dijumpai dalam web hosting :

1. Add on Domain, maksudnya adalah fittur membuat web dalam satu hosting, jadi bila ingin membuat Web, maka diperlukan fittur add on domain.

2.Sub Domain, adalah bagian domain yang berada sebelum nama domain utama. Jadi kita bisa buat domain dari Domain utama  kita yang sudah ada, dan tentu gratis, memanfaatkan menu yang tersedia, tanpa perlu membeli lagi. misal Domain utama kita : pasaraya.com, sehingga bila kita buat sub domain, maka sub domainnya : fashion.pasaraya.com yang bisa dijadikan web jualan Fashion kita di Domain Pasaraya.com.

Menu Cpanel Domain

3. Parked Domain, yaitu domain yang menampilkan hal web lain.

4. CMS ( Content Management System ), yaitu perangkat lunak untuk membuat web secara otomatis. Contoh CMS adalah : WordPress, Joomla. Kita biasa dengar WordPress, dan woordpress itu adalah salah satu CMS. Dalam membuat Web sebenarnya kita membutuhkan coding-coding dalam membuat web tersebut, dengan adanya CMS ini, maka CMS WordPress ini sudah dibuatkan dan sudah tersedia coding-coding tersebut, sehingga kita membuat web lebih mudah, dan kita tinggal menggunakan saja.

5. Softacolous, merupakan file untuk install CMS,  Kita membutuhkan Softacolous ini untuk intsall wordpress atau Joomla di cpanel kita.

Cpanel menu Softacolous

6. CHMOD (Change mode) adalah merupakan fitur web hosting yang mengatur ijin akses suatu data base.

7. MySQL, adalah salah satu perangkat lunak system manajemen basis data SQL.

8. Php Myadmin adalah perangkat lnak administrasi data base denagn tampilan yang mudah digunakan.

9. Webmail, adalah merupakan fitur untuk mengakses email dengan nama  domain sendiri.

Demikian istilah-istilah yang biasa kita dengar dalam kaitannya dengan web hosting, dalam Pengertian Mudah Website bagi Awam.

 

 

 

 

Untuk Informasi tentang Komunitas Belajar Bisnis Online bisa hubungi 081316625810 (Medy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!