Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April,  hal ini karena cuacanya sangat baik bagi Orang Indonesia pada musim ini. Museum Topkapi adalah bekas Istana Kesultanan Turki, yang diubah menjadi Museum. Sebelumnya Istana ini merupakan Tempat tinggal selang periode 24 Keturunan Keluarga Kerajaan Ottoman. Dan Kantor Pemerintahan Sultan, sebelum dipindahkan ke Istana Dolmabahce, dipinggir Selat Bosporus.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April

Turki adalah Negara Republik, yang sebelumnya adalah Kesultanan Turki Ustmani. Negara Turki adalah Negara yang sangat strategis letaknya di Eropa. Turki berada diantara 2 Benua yaitu Benua Asia dan Benua Eropa. Benua Asia berada di sisi Barat Turki, dan Benua Eropa berada di Sisi Timur Turki. Pada masa Kejayaan Sultan Ustmani, Istanbul adalah Ibukota Pemerintahan. Saat Ini Ibukota Pemerintahan dipindahkan ke Angkara.

Istana Topaki dikenal juga Topkapi Sarayi atau Topkapi Palace . Istana Topkapi dikelilingi oleh Benteng sepanjang 5 km, dan luas 70 hektar. Topkapi Sarayi adalah menjadi Istana terluas kedua di Dunia, setelah Istana Versales di Perancis. Istana Topkapi ini dibangun dimasa Sultan Mehmet II atau dikenal Sultan Mehmet Alfatih, Tahun 1453. Pada Zaman beliau memerintah, dibuat kediaman yang juga sekaligus sebagai Pusat Pemerintahan Ottoman.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April
Selat Bosporus tepat disisi belakang Topkapi Palace

Pada Tahun 1459 pembangunanan dimulai, istana ini sangat lama digunakan dan berjaya selama kurang lebih 450 th. Istana Topkapi digunakan Sebagai Istana bagi keluarga Kerajaan yang menampung 4000 orang kerabat dan Pembantu Istana. Topkapi Palace Sarayi ini juga menjadi Pusat Pemerintahan yaitu sejak Tahun 1465 – 1856.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April, merupakan saksi sejarah Kesultanan Turki Utsmaniah atau Kerajaan Ottoman.  Museum ini saksi sejarah bagaimana hebatnya dan kejayaan Islam  Eropa Tenggara, Asia Barat dan Afrika Utara. Istana ini ditempati hingga Sultan Abdul Majid 1. Beliau yang memutuskan utk meninggakan Istana Topkapi.

Topkapi Palace Sarayi, pada masa Sultan Abdul Majid 1,  Istana dipindahkan ke Istana Dolmabahce yg berarsitektur Eropa. Istana Dolmabahce ini posisinya di Tepi Selat Bosporus, yang megah dan indah. Istana ini dapat kita nikmati disaat kita melakukan perjalanan dengan Cruise di sepanjang Selat Bosporus. Setelah Topkapi Palace ditinggal, Istana ini beberapa kali direnovasi, hingga Kekhalifahan Utsmaniah jatuh tahun 1924.  Kemudian Istana Topkapi dijadikan Museum oleh Pemerintah Republik Turki, dibawah Pemimpin Attaturk.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April
Loket Tiket Masuk Topkapi Palace

Di Museum Topkapi ini, disimpan barang-barang peninggalan diantaranya Peninggalan Nabi Muhammad S.A.W, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Daud. Kita dapat melihat barang-barang peninggalan  berupa Pedang Nabi Daud,  Sorban Nabi Ibrahim,  sabuk, Potongan Jenggot Nabi Muhammad, panah, Tongkat Nabi Musa, sajadah. Serta beberapa Pedang Kalifah Abu Bakar, Umar Bin Khatab, Usman bin Affan dan Ali. Juga dapat kita temui Surat dan stempel Zaman Nabi Muhammad. Juga ada Cetakan Kaki Kanan Nabi Muhammad  yang terbentuk saat akan Mikraj, sementara cetakan kaki kiri beliau disimpan Mesjidil Aqsa. Di museum ini juga tersimpan Baju Ummi Fatimah dan Putra beliau Husein.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April, buat Kamu yang ingin bepergian ke Turki. Turki pada Bulan April ini cuacanya sangat baik bagi wisatawan dari Indonesia. Pada bulan April, adalah Musim Semi, Cuacanya sejuk, saat kami berkunjung, suhu malam hari sampai 5° C dan siang hari hingga 15° C . Saat dimana Bunga-bunga bermekaran. Dan yang lebih Populer adalah Bunga Tulip, dengan warna-warni menghiasi Taman Kota. Taman-taman ramai dikunjungi Wisatawan Lokal pada akhir pekan, maupun Wisatawan dari Luar Turki. Oh Ya..tiket masuk Museum Topkapi 30 TL (Turki Lira)

Taman Gulhan Park disamping Topkapi Palace
Taman Gulhan Park disamping Topkapi Palace

.

Topkapi Palace ini letaknya berdekatan dengan Museum Aya Sofya, Mosque Blue, dan Pasar Bazaar tempat belanja oleh-oleh Turki.  Istana Topkapi ini juga berdekatan dengan Selat Bosporus, dan Laut Marmara. Pagarnya masih utuh, meski yang menghadap ke Laut ada yang sudah roboh. Istana ini memiliki Taman yang sangat luas yaitu Gulhan Park, dimana kita bisa melihat Bunga Tulip beraneka warna. Taman ini ramai dikunjungi wisatawan Lokal untuk libur akhir pekan dan juga Wisatawan luar.

Topkapi Palace Sarayi, Wisata Museum recomended dikunjungi di Turki Istambul setiap Bulan April, saat kami kunjungan April 2019, bangunan sisi sebelah kanan yang disimpan perhiasan-perhiasan sedang dalam pemugaran. Keseluruhannya Istana ini sangat megah. Kita bisa menikmati keindahan Istana, dan kemewahannya pada jamannya hingga sekarang, Kita bisa melihat keramik, dengan berbagai motif, serta hiasan kaligrafi yang ditempel di dinding setiap ruangan yg ada. Langit-langit bangunan yg dihiasi kaligrafi dengan warna yg sangat menarik dan mengagumkan.

Rasanya belum sampai ke Turki jika belum mampir dan menyinggahi Museum Topkapi ini. Kami sangat merekomendasikan untuk dikunjungi jika Anda ke Turki.

Baca juga : Hagia Sophia, Mosque Blue Istanbul simbol peradaban islam di Turki hingga kini

Untuk Informasi tentang Komunitas Belajar Bisnis Online bisa hubungi 081316625810 (Medy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!